SHOPPING CART

close
Banjarbaru

N Di Duga Dalangi Kasus Penipuan Berkedok Debt Collektor

Media Kalsel – BANJARBARU, Polres Banjarbaru melaksanakan kebijakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K,.S.H,.M.H  yaitu kebijakan ke-2 Penguatan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dengan meningkatkan kepekaan faktual terhadap situasi global, regional, dan lokal.

Seperti halnya kasus yang ditangani Polsek Banjarbaru Barat, N (46) seorang bekas anggota Polri, kini menjadi buronan polisi, N diduga mengotaki kasus penipuan sebuah kendaraan milik warga di Banjarbaru, Jumat (10/7).

 

Kapolsek Banjarbaru Barat, AKP Andri Hutagalung, melalui Kasi Humas Polsek Banjarbaru Barat, Aiptu Kardi Gunadi saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tiga pelaku tersebut. Ketiga pelaku lainnya yang turut ikut dalam kejahatan itu telah lebih dulu diciduk, ketiganya berperan sebagai debt collector gadungan.

Baca Juga:  Personel Polsek Banjarbaru Barat Patroli Dialogis Edukasi Prokes

“Kami berhasil mengamankan tiga pelaku atas nama EP, M dan AS. Ketiga pelaku itu mengatakan otak dari tindakan pidana ini merupakan pecatan polri bernama N,” ucapnya.

Kardi menambahkan, yang mana status N saat ini adalah buron Polsek Banjarbaru Barat

“Status N saat ini kami masukan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO),” katanya.

Kasus penipuan ini terjadi di Kompleks Citra Angkasa, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Pukul 17.00 wita, bermula pada saat para pelaku mendatangi seorang warga dan berpura-pura sebagai debt collector atau penagih utang. “Bermodus sebagai debt Collector dari salah satu tempat pembiayaan,” ujarnya.

Atas intimidasi mereka, korban akhirnya terpaksa memberikan kunci kendaraan yang telah menunggak cicilan selama lima bulan.

Baca Juga:  Kapolda Kalsel Kunjungi Kampung Tangguh Banua Mentaos.

Korban menyerahkan sepeda motor tersebut, tanpa meminta pelaku memperlihatkan surat tugas dari pembiayaan dan kendaraan langsung dibawa pergi,” imbuhnya.

Lima hari berselang polisi berhasil mengamankan salah satu pelaku ES di rumahnya yang beralamat di Banjarmasin.

Mengetahui prosedur itu keliru, korban melaporkan kasus yang menimpanya ke Polsek Banjarbaru Barat. Dari keterangan EP, di dapatkanlah dua pelaku lainnya yakni M dan AS yang juga merupakan warga Banjarmasin.

Selain mengamankan barang bukti sepeda motor korban, polisi juga menemukan sebuah mobil honda brio dengan nomor polisi DA 1891 IH yang di jadikan sarana pelaku untuk beraksi.

“Kemudian unit opsnal membawa tiga orang pelaku tersebut beserta barang bukti ke mapolsek Banjarbaru Barat untuk proses selanjutnya, pungkasnya.

Baca Juga:  Tidak Bosan, Kanit Binmas Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pasar Galuh Cempaka

 

 

Reporter : Sasi / Sny

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “N Di Duga Dalangi Kasus Penipuan Berkedok Debt Collektor

Komentar: