SHOPPING CART

close
HST

Cegah Hama Tikus, Bersama Petani Babinsa 06/Barabai Undang PPL dan Pengamat Hama (POPT)

Media Kalsel – BARABAI. Hama Tikus sawah sudah tidak asing lagi bagi para petani, dewasa ini petani banyak mengalami kendala dalam mengembangkan usaha pertanian. Salah satu kendalanya adalah serangan hama tikus sawah. Tikus merupakan hama utama tanaman padi yang dapat menurunkan hasil produksi cukup tinggi.

Dalam rangka meningkatkan hasil panen yang melimpah, Babinsa Koramil 1002-06/Barabai Koptu Samsuhadi bersama Poktan Mekar Jaya dan Poktan Suka Maju melaksanakan pengendalian hama tikus di Desa Bakapas Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kamis (17/9/2020).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut PPL Desa Bakapas Rita Rusita dan Pengamat Hama (POPT) Kecamatan Barabai Aspani,Sp sekaligus sebagai narasumber.

Baca Juga:  Polres HST Gelar Pengamanan Haul Muassis Ponpes Ibnu Amin Ke-26 K.H.Mafuzd Amin

Dalam kesempatan tersebut Aspani menjelaskan sekaligus memperagakan tentang Pembuatan Pestisida buatan untuk racun tikus.

Didalam penjelasannya Aspani mengatakan, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan racun tikus terdiri dari bahan obat racun tikus bubuk dicampur dengan Beras dan Minyak makan sisa penggorengan/jelantah/minyak lanjar,” tuturnya.

Kemudian semua bahan diaduk hingga merata, setelah siap bahan racun tikus ditaburkan di lubang/sarang tikus yang ada di sawah,” imbuhnya.

Sementara itu, Koptu Samsuhadi disela-sela kegiatan pengendalian hama tikus tersebut menyampaikan bahwa pendampingan kepada para petani sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktifitas hasil panen agar melimpah dan terhindar dari hama tikus,” tukasnya.

Tak hanya itu pendampingan kepada petani sebagai upaya khusus (Upsus) dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan menuju swasembada pangan,” pungkas Koptu Samsuhadi.

Baca Juga:  Dandim 1002/Barabai Gelar Komsos Dengan Keluarga Besar TNI.

 

 

REPORTER : SASI / MAS

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “Cegah Hama Tikus, Bersama Petani Babinsa 06/Barabai Undang PPL dan Pengamat Hama (POPT)

Komentar: