SHOPPING CART

close
Banjarmasin

Peringati HUT ke-75 TNI, Danlanal Banjarmasin Hadiri Baksos Donor Darah.

Media Kalsel – BANJARMASIN. Dalam rangka memperingati HUT Ke-75 TNI TH 2020, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto beserta Ketua Cabang 6 Korcab XIII Daerah jalasenastri Armada II Ny. Dewi Arityo Murti Sandharianto menghadiri kegiatan Baksos Donor Darah dengan tema “Darahku Mengalir Untuk Negeriku” yang berlangsung di Aula Hasan Basry, Mako Lanal Banjarmasin Jl. A. Yani Km 3,5 kota Banjarmasin, Selasa (22/09/20).

 

 

Peringatan HUT ke-75 TNI dengan menggelar bakti sosial secara serentak di 86 lokasi seluruh Indonesia kegiatan bakti sosial. Kekurangan darah yang dirasakan PMI saat pandemi sekarang tampaknya akan sedikit bisa teratasi.

Dalam acara donor darah tersebut, turut hadir pula Danlanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M. Taufik Arasj, S.Sos. beserta Istri, Kapolda Kalsel diwakili oleh Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol. dr. Ubaidillah, Korem 101/Ant diwakili Pasilog Mayor Arh Sulasito, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rahmat Hendrawan, S.H., S.I.K., Rindam VI/Mlw diwakili oleh Kadepkum Mayor Inf Sahraji, Pasiter Kodim 1007/Bjm Mayor Inf Hariono, Perwira Staf Lanal Banjarmasin, Tim Medis dari PMI Kota Banjarmasin, Denkes Korem 101/Ant dan BP Lanal Banjarmasin.

Baca Juga:  Respons Vaksinasi, Kapolresta Banjarmasin : Komitmen Dukung Program Pemerintah

Selain  juga akan melaksanakan ziarah ke makam mantan Presiden RI dan Panglima Sudirman  sedangkan acara puncak dilaksanakan Upacara Peringatan HUT TNI di Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden RI dan diikuti secara virtual oleh jajaran TNI seluruh Indonesia.

Kegiatan bakti sosial dengan donor darah dalam rangka HUT menjadi bermanfaat bagi PMI yang yang kini kekurangan stok darah bagi kebutuhan masyarakat yang perlu transfusi darah saat pandemi covid-19 sekarang, seperti dilakukan jajaran Lanal Banjarmasin saat melaksanakan donor darah yang diikuti jajaran Kepolisian, Ibu-ibu dari Jalasenastri, PIA Ardhya Garini, dan Persit Candra Kirana.

Donor darah dengan menerapkan protokol kesehatan, terlihat petugas medis dari UPTD PMI Banjarmasin mengenakan APD lengkap, dan para peserta yang memasuki ruangan juga harus diperiksa suhu badan dan cuci tangan dengan handsanitazer, sebelum cek kesehatan untuk bisa mendonor.

Baca Juga:  NTD Polda Kalsel Peringati 13 Tahun Pengabdian Dengan Berbagi Kepada Sesama.

Adapun donor darah yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat dalam mendukung program pemerintah dan kemanusiaan dengan menyumbangkan darah melalui Palang Merah Indonesia (PMI), dimana darah tersebut nantinya akan diberikan atau sumbangkan kepada masyarakat yang memerlukan dan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah di wilayah Kota Banjarmasin dan daerah sekitarnya pada masa pandemi Covid-19. Dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan, jumlah pendonor yang memenuhi syarat berjumlah 62 orang.

Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Sandharianto, menyampaikan bahwa dalam bakti sosial donor darah yang dilaksanakan Lanal Banjarmasin dengan harapan membantu seluruh masyarakat di wilayah Kalsel yang membutuhkan transfusi darah khususnya bagi yang terdampak pandemi covid-19.

Baca Juga:  Tes Psikologi Tahap II Penerimaan Tamtama Polri 2020 Digelar Polda Kalsel.

“Kami TNI di wilayah Provinsi Kalsel harus dapat meningkatkan sinergitas dengan Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder yang ada khususnya di Provinsi Kalsel, termasuk dalam upaya percepatan penanganan putus dan cegah penyebaran covid-19 di Kalsel, kita semua bersinergi, karena tanpa bersinergi permasalahan akan sulit diselesaikan,” kata Danlanal.

“Beberapa kegiatan sinergitas TNI, Polri dan Pemda dalam menghadapi pandemi covid di masyarakat yang telah dan sedang dilaksanakan, pembagian sembako, pembagian masker, satuan tugas penegakan disiplin protokol kesehatan di pelabuhan, pasar dan tempat keramaian, sedangkan untuk di internal sendiri untuk mencegah terpaparnya prajurit di musim covid-19, selalu menekankan  disiplin protokol kesehatan 3M, menyediakan peralatan kesehatan seperti alat rapid, obat-obatan, APD dan ruang isolasi didalam komplek Mako,” pungkas Danlanal Banjarmasin.

 

 

 

REPORTER : SASI / IDAYASA.

 

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “Peringati HUT ke-75 TNI, Danlanal Banjarmasin Hadiri Baksos Donor Darah.

Komentar: