SHOPPING CART

close
Banjarmasin

LPTQ Kalsel Perlu Lakukan Penguatan Kelembagaan dan Pendanaan 

Media Kalsel – BANJARMASIN. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Kalimantan Selatan, Faturrahman mewakili Plt Gubernur Kalsel membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kalsel, Banjarmasin, Senin (12/10/2020).

 

Pada sambutannya, Fathur mengatakan tantangan yang dihadapi dalam memberdayakan LPTQ bukanlah tugas yang mudah, diperlukan penguatan dari berbagai aspek seperti peningkatan SDM, peningkatan fasilitas pendukung, dan peningkatan sinergi antara LPTQ dan Pemerintah.

“Penguatan kelembagaan LPTQ sangat diperlukan, tanpa adanya penguatan kelembagaan tidak mudah bagi LPTQ untuk meningkatkan perannya,” ujarnya.

Dia juga menekankan bahwa LPTQ adalah suatu lembaga yang berada dibawah naungan Kementerian Agam dan bergerak untuk menciptakan masyarakat yang Qur’ani serta seirama dengan gerak pembangunan nasional.

Baca Juga:  BSF 2020: Upaya Pemko Banjarmasin Angkat Derajat Sasirangan

“Dilihat dari potensi dan sumber daya LPTQ Kalsel mempunyai kekuatan yang cukup membanggakan, terutama dalam meningkatkan kualitas umat yang bertumpuan pada Al-Qur’an. Ini perlu dilakukan, karena tantangan dan ujian yang dihadapi oleh umat Islam semakin berat, khususnya menghadapi dampak negatif teknologi informasi pada nilai-nilai kehidupan,” tukasnya.

Pada kesempatan itu pula Mujiyat Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kabiro Kesra) Prov Kalsel mengatakan bahwa pendanaan menjadi sebuah keharusan yang harus disiapkan mulai sekarang, karena mengingat menjadi tuan rumah MTQ Nasional memerlukan dana yang besar. Untuk Itu harus dirundingkan bersama dulu, sehingga nanti tahun 2021 penganggaran itu tersedia.

“Oleh karena itu melalui Rakerda ini kami mempersiapkan, baik itu materi ataupun nanti pendanaannya. Intinya seperti itu, supaya nanti bisa kita bersambung baik pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota. Sehingga nanti pada saat acara kita benar-benar sudah selesai tidak dipersoalkan lagi masalah biayanya,” pungkasnya.

Baca Juga:  Polri Wujudkan Transparansi Melalui “Dumas Presisi” Bagi Penanganan Keluhan Masyarakat

 

REPORTER : SASI – IDAYASA / JML

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “LPTQ Kalsel Perlu Lakukan Penguatan Kelembagaan dan Pendanaan 

Komentar: