Pos TNI AL Kumai Temukan Puing Bangkai Pesawat di Tepi Laut Teluk Ranggau.

Media Kalsel – KUMAI, Pos TNI AL (Posal) Kumai salah satu Posal jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin dibawah Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII Tarakan, pada pukul 16.30 WIB menerima laporan dari Sekdes Sungai Cabang lewat via whatsapp terkait penemuan puing (benda) diduga badan pesawat yang terdampar di tepi laut Teluk Ranggau Kalteng, Senin (04/ 01/2021).

 

Berbekal dari keterangan, selanjutnya Danposal Kumai Letda Laut (P) Muhamnad Soleh Rio Kusuma melaporkan kepada Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto terkait kejadian tersebut. Danlanal Banjarmasin memerintahkan agar Posal melaksanakan koordinasi dengan unsur SAR dan instansi terkait.

Dari hasil tracking terhadap Puing yang diduga badan pesawat, obyek berada di 40 NM dari Posal Kumai dan hasil koordinasi dengan Basarnas Kab. Kobar tidak ada berita atau distress alert, dugaan sementara puing (benda) tersebut berasal dari pesawat yang sudah lama tenggelam.

Pukul 20.30 WIB dilaksanakan rapat koordinasi membahas rencana tindak lanjut SAR dan peninjauan lokasi dihadiri oleh Kodim 1024/Pangkalan Bun, Lanud Iskandar, Posal Kumai, KSOP Kumai, Polairud polres/polda Kalteng, Basarnas, Avsec bandara Lanud Iskandar, Polsek Kumai dan Airnav Bandara Lanud Iskandar.

Hasil dari keputusan rapat, Tim SAR akan melaksanakan identifikasi barang tersebut dengan menggunakan 2 buah sarana, salah satunya menggunakan Patkamla Posal Kumai.

Tim Sar dibagi menjadi 2 yaitu, Tim A dengan sarana milik KSOP terdiri dari Basarnas, Babinkamtibmas desa Sungai Cabang, KSOP Kumai dan Polairud Polres Kobar, sedangkan Tim B dengan Patkamla Posal Kumai terdiri dari Posal Kumai, Lanud Iskandar, Komandan Polairud Marnit Polda Kalteng dan wartawan.

Pada pukul 21.45 WIB tim SAR berangkat dari Kumai menuju Dusun Teluk Ranggau Desa Sungai Cabang dan tiba pukul 02.30 Wib, menunggu cuaca terang.

Pada hari Selasa tanggal 5 Jan 2021 Pukul 09.00 wib tim berangkat menuju titik koordinat yang ditentukan. Tim A melalui jalur laut serta langsung menuju posisi obyek yang diduga puing pesawat dan Tim B bergerak melalui jalur sungai dari dalam PT. Kumai Sentosa dengan bantuan masyarakat setempat.

Pukul 11.00 WIB Tim tiba di TKP pada koordinat 3° 28′ S – 111° 47,9′ T tepatnya di Dusun Teluk Kramat Blok 77 dan melaksanakan peninjauan dan dokumentasi temuan tersebut berupa Benda setengah tabung memiliki panjang 9 m serta diameter 5 m, electric plat dengan kode WFC2 (YF19-46T0) 14001 C24, electric celenoid kode DLS 300c 24D1 19c, serpihan honeycom dari alumunium, serpihan fiber pembungkus honeycomb.

Saat ini barang yang ditemukan diamankan di Posal Kumai, sementara benda berbentuk setengah tabung masih berada di lokasi kejadian menunggu tindak lanjut.

 

REPORTER : SASI – IDAYASA / PENAL BJM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.