Pemprov Kalsel Minta Kadin Ikut Dorong Dunia Usaha.

Media Kalsel – BANJARMASIN, Pembukaan Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kadin Kalsel bertema Era Peradaban Baru UMKM Kalsel Go Digital. “Melawan Krisis Ekonomi Dengan Pemberdayaan UMKM Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19″ digelar disalah satu hotel di Banjarmasin, Senin (11/1/2021).

 

Dalam acara Rapimprov tersebut, Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta Kamar Dagang Industri (Kadin) Kalsel untuk ikut mendorong dunia usaha agar lebih baik lagi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Ir H Syaiful Azhari, pada pembukaan Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kadin Kalsel.

Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19, dibutuhkan akselarasi Kadin untuk menumbuhkan dan membangkitkan perekonomian di Bumi Lambung Mangkurat, sehingga tercipta situasi kondusif.

“Di masa pandemi Covid-19 ini Pemprov  Kalsel terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi di daerah, bahkan kini sangat  menjaga daya beli masyarakat, mengingat memiliki pengaruh besar terhadap dunia usaha,” ujar gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Akibat pandemi Covid-19 telah berdampak luar biasa di sektor ekonomi, dan imbasnya juga ke banua,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kalsel,  Edy Suryadi mengungkapkan,  pihaknya bertekad memperbaiki kondisi ekonomi di Kalsel. Apalagi di Kalsel hampir 90 persen pengusaha adalah sektor UMKM, sehingga masyarakat harus terlibat secara langsung dalam pemulihan ekonomi.

“Kita ingin memperbaiki ekonomi di banua ini, sebab dampak pandemi Covid-19 membuat pengusaha kewalahan,” ungkapnya.

Untuk itu, terangnya, Kadin Kalsel siap menjembatani pengusaha di daerah ini, termasuk pembinaan bersama pemerintah daerah. “Dunia usaha jangan sampai tertinggal, apalagi di era digital memberikan kecepatan informasi,” bebernya.

Tidak lupa juga Edy menghimbau kepada masyarakat agar terus menjaga kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak untuk pencegahan penularan Covid-19.

Pada Rapimprov ini tampak hadir senior Kadin Indonesia Endang Kesumayadi, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syarifuddin, Kadis Perhubungan Kalsel Rusdiansyah, Kadis Koperasi UKM Kalsel  Gustafa Yandi, dan sejumlah pengurus Kadin Kabupaten/Kota.

Ketua pelaksana Rijali Lutfhi kepada mengungkapkan, Agenda besar Rapimprov Kalsel 2021 untuk  menetapkan sasaran program kerja tahunan. Lalu melakukan evaluasi koordinasi, sinkronisasi dan upaya sinergitas, dalam perencanaan dan pelaksanaan program kerja antar jajaran.

Kemudian, membantu dewan pengurus Kadin Kalsel untuk memutuskan hal  yang dapat diputuskan sendiri,  dan hasilnya akan dipertanggungjawabkan di Musprov Kadin Kalsel akan datang.

“Dalam Rapimprov juga merumuskan dan menyelesaikan masalah baik itu di tingkat Kadin Kabulaten/Kota maupun Kadin di tingkat Provinsi Kalsel,” pungkasnya.

REPORTER : SASI / IDAYASA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.