Polres HSU dan Polsek Jajaran Cek Debit Air Antisipasi Banjir.

Media Kalsel – AMUNTAI. Polda Kalsel, Memasuki musim penghujan di tahun 2021 personil Polres HSU dan Polsek jajaran melaksanakan pengecekan debit air dalam mengantisipasi banjir di daerah hukum Polres HSU, Kamis (14/1/2021).

Beberapa lokasi pengecekan debit air diantaranya di Pintu Air deaa Lok Bangkai, sepanjang jalan Jermani Husin daerah hukum Polsek Banjang Polres HSU yang terletak di bantaran aliran sungai Balangan, sasaran pengecekan lokasi lain di desa Guntung Kecamatan Amuntai Utara dan desa Tangkawang Kec. Haur Gading, yang mana kedua aliran sungai baik dari arahan Balangan maupun dari sungai Tabalong bermuara di Kota Kab. HSU yakni masuk ke sungai Nagara yang mengaliri beberapa kecamatan diantaranya Kec. Amuntai Tengah, Amuntai Selatan, Sungai Pandan Alabio, Babirik dan Kecamatan Danau Panggang yang akhirnya bermuara ke Sungai Barito Kalteng yang sebelumnya melintas di beberapa desa di Kec. Paminggir Kab. HSU.

Hasil pemantauan ketinggian debit oleh para Kapolsek dan anggota, untuk sementara debet air masih normal belum ada sarana umum, baik akses jalan dan pemukiman penduduk yang terendam banjir,” ujar Kapolsek Banjang Ipda Noor Rizani, saat dikonfirmasi Humas Polres HSU dan rekan Media.

Hal senada juga dinyatakan oleh Kapolsek Amuntai Utara sekaligus membawahi daerah hukum Haur Gading.

“Untuk di dua kecamatan yakni Amuntai Utara dan Haur Gading diawal tahun 2021 ini, sementara debit air masih normal,” kata Kapolsek Amuntai Utara.

Selain Polsek jajaran melaksanakan pengecekan debit air, sudah tentu Satuan Sabhara dan Satfung lain yakni Sat Binmas Polres HSU melaksanakan hal yang sama dengan berpatroli dan memberikan himbauan terkait mengantisipasi bahaya banjir.

Hal tersebut sejalan dengan instruksi dari Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H dalam rangka mengantisipasi bencana banjir yang terjadi di daerah hukum Polres HSU

“Walau debit air masih normal, tapi kita tetap siaga jangan terlena, aktifkan patroli sambang desa, pemantau dan bantu warga yang memerlukan pertolongan disetiap kesempatan, selain itu tingkatkan kordinasi dengan BPBD Kab. HSU serta instansi terkait lainnya,” tutur Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H melalui Kasubag Humas AKP Alam Sw

“Walau banjir di Kab. HSU sudah sering terjadi, paling tidak dari pengalaman itu kita mengantisipasi agar tidak ada korban jiwa dan kerugian materil, untuk itu kepada masyarakat diharapkan tetap waspada dalam mengantisipasi bencana banjir,” imbuh AKP Alam Sw.

“Kita prihatin, sebagaimana kita ketahui di berbagai media beberapa Kab. terkena musibah banjir, seperti di Kab. HST, Banjar, Banjarbaru, Batu Licin dan Kab.Tanah Laut yang mengganggu aktifitas transformasi dan kerugian material lainnya, semoga banjir cepat surut,” Pungkas AKP Alam Sw.

REPORTER : SASI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.