Polresta Banjarmasin Bangun Posko Tanggap Darurat Banjir

Media Kalsel – BANJARMASIN. Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin bangun Posko Tanggap Darurat Banjir atas situasi meningkatkan debit air yang melanda hampir di seluruh Kecamatan di kota setempat, Kamis (14/1/2021).

 

Posko tersebut berlokasi di Jalan A Yani Kilometer 4,5 Banjarmasin atau di samping Polsek Banjarmasin Timur.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. yang memimpin giat tersebut menyampaikan bahwa banjir yang terjadi di kota ini merupakan dampak tingginya curah hujan dan dibarengi dengan banjir rob (pasang air sungai atau laut).

“Posko Tanggap Darurat ini kita disiagakan untuk bersifat emergency guna membantu masyarakat yang terdampak dengan meningkatnya debit air,” ucapnya yang saat itu didampingi Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H.

Selain itu, Kapolresta Banjarmasin menerangkan bahwa di Posko tersebut juga disiapkan pelayanan kesehatan gratis yang berkerja sama dengan Dokkes Polda Kalsel dan dapur umum.

“Kami sediakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis dan dapur umum untuk warga sekitar yang terdampak,” terangnya.

Dikesempatan itu, Kapolresta Banjarmasin juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat.

“Entah sampai kapan posko ini kita dirikan, namun selama kondisi ini belum membaik. Kemungkinan akan terus kita operasikan, ” jelas Kapolresta.

Kapolresta Banjarmasin juga mengajak dan mengimbau kepada para relawan dan pengusaha yang memiliki kelebihan agar dapat berbagi ataupun membuka posko-posko tanggap darurat bagi warga yang terdampak.

Ia juga menuturkan bahwa telah menginstruksikan para bhabinkamtibmas untuk melakukan pendataan wilayah serta warga yang terdampak dengan bersinergi dengan pihak Kecamatan dan Babinsa.

“Kita instruksikan apabila ada warga yang membutuhkan bantuan harap segera ditindaklanjuti,” tutur Kapolresta Banjarmasin.

Untuk diketahui ketinggian debit air diseluruh kecamatan kota Banjarmasin berada pada 50 cm atau diatas lutut.

Turut hadir dalam giat tersebut Ibu Ketua Bhayangkari Kota Banjarmasin, para pejabat utama Polresta Banjarmasin dan Kapolsek Banjarmasin Timur.

REPORTER : SASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.