Presiden Jokowi Berikan Dana Stimulan Bagi Korban Bencana Banjir.

Media Kalsel – BANJARMASIN, Presiden Joko Widodo akan memberikan dana stimulan bagi korban banjir untuk perbaikan rumah. Perhatian Jokowi akan kondisi korban bencana banjir di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dikemukakan Kepala Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, seusai rakor terbatas bersama Gubernur dan Forkopimda Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila, Minggu (17/1/2021) malam.

 

“Rp 50 juta untuk rusak berat, Rp 25 juta rusak sedang dan Rp 10 juta rusak ringan,” jelas Pati TNI bintang tiga itu menyampaikan arahan presiden soal dana stimulan.

Namun demikian, lanjut Doni, daerah diminta menyusun organisasi yang bisa menangani kondisi tanggap darurat ini sampai nanti proses rehabilitasi dan rekontruksi dilakukan, terutama untuk perbaikan infrastruktur dan rumah-rumah warga yang terkena.

“Setiap daerah yang mengalami bencana, pasti akan menjadi perhatian dan mendapat dukungan dari pemerintah pusat,” tandasnya.

Menyinggung soal pengungsian akibat bencana banjir ini, Kepala BNPB minta pejabat Kalsel memisahkan tempat korban terdampak banjir. Ini mengingat belum redanya pandemi Covid-19.

“Kondisi bencana yang terjadi selama seminggu terakhir harus diantisipasi dengan lebih baik lagi, khususnya yang berada di wilayah pengungsian. Saya mengingatkan kepada pejabat yang hadir, untuk bisa memisahkan antara kelompok rentan dengan kelompok yang muda usia,” ujarnya.

Kelompok usia muda, sambung Doni, rata-rata kalau terpapar Covid-19 biasanya tanpa gejala atau gejalanya ringan.

“Kondisi demikian apabila tidak sesegera mungkin diketahui dan tidak dilakukan isolasi, bisa menulari kelompok rentan yang lain. Sehingga resiko angka kematian sangat besar. Bisa 80-85 persen, bahkan sampai 90 persen,” katanya.

Begitupun di tempat pengungsian, perlu dilakukan swab antigen dan screening. Sehingga gejala-gejala virus asal Wuhan, Tiongkok ini, sedini mungkin bisa diketahui.

REPORTER : SASI – IDAYASA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.