Personil Polsek Murung Pudak Amankan Kedatangan Vaksin Sinovac di Tabalong

Media Kalsel – TANJUNG. Polda Kalsel, Personil Polsek Murung Pudak Laksanakan Pengamanan kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 2.960, Kamis (28/1/2021).

 

Kedatangan vaksin diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tabalong, dr Taufiqurrahman didampingi Kepala UPT Instalasi Farmasi Dinkes Tabalong, Hafizah dan Juru Bicara Pelaksana Vaksin Tabalong, Gusti Judid Ikhsan.

Kedatangan vaksin juga turut mendapatkan pengawalan ketat dari personil Polda Kalsel dan Polres Tabalong serta Personil Polsek Murung Pudak. Setibanya di Tabalong, ribuan vaksin ini langsung disimpan ke ‘Cold Room’ atau ruang pendingin di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Tabalong, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Dinkes Tabalong, dr Taufiqurrahman mengatakan, vaksin-vaksin ini selanjutnya akan didistribusikan ke sejumlah fasilitas layanan kesehatan seperti Puskesmas, Rumah Sakit dan klinik swasta.

“Kita sudah mendapatkan data alokasi per Puskesmas. Insya Allah mulai besok dengan kendaraan yang sudah memenuhi syarat bersuhu 2 sampai 8 derajat sehingga bisa menjamin efektivitas keamanan vaksin sampai ke tujuan,” ucapnya.

Untuk tenaga pelaksana vaksin, Taufiq menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 33 tenaga vaksinator.

“Mereka akan melakukan vaksinasi di 18 Puskesmas, kemudian dua rumah sakit dan lima klinik swasta, selanjutnya mereka yang pertama kali disuntik vaksin adalah para tenaga kesehatan dan sejumlah tokoh publik dengan total 1.480 orang,” katanya.

Nantinya masing-masing orang akan mendapat dua kali dosis penyuntikan. Setiap satu kali penyuntikan berjeda 14 hari sebelum dilakukan suntikan kedua.

“Kenapa berjarak 14 hari, karena tubuh manusia perlu waktu 14 hari untuk membentuk antibodi setelah di suntik vaksin pertama. Tapi ini ibaratnya baru 50 persen. Setelah 14 hari jeda itu baru dilakukan suntikan yang kedua. Jadi totalnya 28 hari untuk membentuk antibodi 100 persen,” jelas Taufiq.

Selain Vaksin Covid-19 Sinovac, Tabalong juga menerima sejumlah peralatan kesehatan lainnya seperti, alat suntik 3000 buah, alkohol swab 60 kotak, safety box kertas ukuran lima liter 50 buah, APD 1050 paket, apron one 105 pak serta buku petunjuk teknis PD31 Covid-19 dua buah.

Kapolres Tabalong Akbp.M. Muchdori,S.I.K ,CFrA melalui Kapolsek Murung Pudak Iptu Samsu Suargana,S.AP mengharapkan kiranya dengan adanya pengamanan dari petugas kegiatan pengiriman vaksin aman dan kondusif,” pungkasnya.

REPORTER : SASI / IDAYASA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.