SHOPPING CART

close
HSU

Warga Tolak Galian Pasir, Polsek Babirik Jalankan Responsibilitas Presisi Polri 

Media Kalsel, AMUNTAI – Polda Kalsel. Diera Polri Presisi dalam memelihara kamtibmas Polres HSU dan Polsek jajaran selalu merespon potensi gangguan kamtibmas yang terjadi di daerah hukum Polres HSU. sebagaimana yang dilaksanakan Polsek Babirik menanggapi penolakan warga dengan adanya galian pasir di desa Sungai Durait Hliri Kec. Babirik Kab. HSU, Rabu (10/3/2021) sore.

 

Berawal dari informasi warga bahwa adanya penolakan warga terhadap galian Pasir di Desa Sungai Durait Hilir Rt. 01 Kec. Babirik Kab. HSU yang dilakukan oleh H.S salah seorang warga Desa Sungai Durait Hilir, Bhabinkamtibmas Polsek Babirik Brigadir Muslim Hidayat menanggapi informasi tersebut dan dikhawatirkan ada tindakan anarkis dari warga atas kejadian tersebut, untuk itu Bhabinkamtibmas dan atas kesepakatan warga diadakan musyawarah yang dilaksanakan di rumah Syamsudin Ketua Rt.01 Desa Sungai Durait Hilir Kec. Babirik.

Baca Juga:  Peduli Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Polsek Alabio Rutin Kunjungan Sambang.

Turut hadir dalam musyawarah tersebut diantaranya Kapolsek Babirik AKP Danu Sura yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas desa setempat Brigadir Muslim Hidayat, Koramil Babirik yang diwakili oleh Sertu Tonny, Kepala Desa Sungai Durait Hilir Syaifullah, Ketua RT. 01 Desa Sungai Durait Hilir Syamsudin, Pemilik lahan galian pasir Desa Sungai Durait Hilir H.S dan beberapa orang perwakilan warga setempat.

Brigadir Muslim dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa musyawarah ini dilaksanakan untuk mencari solusi yang terbaik, diharapkan jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apa lagi perbuatan anarkis,” ujarnya.

“Selain itu mengingat masih pandemi covid-19, tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan, harus memakai masker dan menjaga jarak,” imbuh Brigadir Muslim.

Baca Juga:  Remaja Berkerumun Tanpa Masker, Sat Sabhara Polres HSU Berikan Teguran dan Pemahaman.

Dalam musyawarah tersebut beberapa orang warga mengutarakan keluhan dan kekhawatiran dengan adanya galian pasir ini terjadi erosi dan terjadi longsor sebab lokasi tambang pasir berdekatan dengan rumah warga masyarakat dan selain itu bisa merusak akses jalan warga masyarakat berupa siring di bantaran sungai desa yang baru saja diperbaiki,” tutur warga.

Hasil musyawarah diantaranya dari pihak penggali pasir yakni H.S akan menghentikan dan tidak akan melakukan kegiatan penggalian pasir di Desa Sungai Durait Hilir Rt. 01 sebelum mendapatkan persetujuan dari warga sekitar lokasi galian.

H.S pun menyetujui atas usul saran dari Kepala Desa Sungai Durait Hilir untuk diarahkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kab. HSU.

Diakhir musyawarah warga masyarakat Desa Sungai Durait Hilir menyatakan tidak akan melakukan tindakan yang anarkis.

Baca Juga:  Kapolres HSU Dampingi Tim Wasev TMMD Mabes TNI Kunjungi Lokasi TMMD ke-109 Ta.2020.

Terpisah, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H melalui Kapolsek Babirik Iptu Danu Sura mengutarakan responsibilitas di era Polri Presisi sangat diperlukan. Merespon keluhan warga kali ini ditindak lanjuti dengan mediasi musyawarah sehingga ada solusi dan diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga tercipta kamtib yang aman kondusif.

“Tentu secepatnya akan ditindak lanjuti terkait galian C berupa pasir ini, dengan kordinasi dengan Camat dan Muspika lain serta dinas terkait,” ucap Kapolsek

“Perlunya peninjauan ulang lokasi dan mendata lokasi galian lain serta perlunya sosialisasi terkait syarat ketentuan sesuai perijinan jenis galian C, mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan instansi terkait, sehingga tidak berdampak terhadap lingkungan sekitar,” pungkas Kapolsek.

REPORTER : SASI / DIZAH.

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “Warga Tolak Galian Pasir, Polsek Babirik Jalankan Responsibilitas Presisi Polri 

Komentar: