SHOPPING CART

close
Banjarmasin

Kapolda Kalsel Dorong Minat Baca dan Kecerdasan Literasi

Media Kalsel, BANJARMASIN – Bincang – bincang dengan tema “Promosi Minat Baca dan Kecerdasan Literasi” digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (06/4/2021) pagi.

 

Acara yang digelar dengan konsep Talkshow Virtual ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Dra. Hj. Nurliani, MAP. dengan menghadirkan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. sebagai narasumber serta dipandu moderator Rando Alamsyah.

Terlaksana kegiatan ini sebagai wujud Provinsi Kalimantan Selatan meraih predikat Indeks Pembangunan Literasi tertinggi se- Indonesia.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. diruang kerjanya menerangkan bahwa adanya Kemampuan Literasi dan Kecerdasan Literasi dimulai dari adanya minat baca, ingin mengetahui, dan ingin memahami.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Polda Kalsel Tiadakan Takbir Keliling Malam Idul Fitri 1442 H 

“Namun semua itu akan tidak ada artinya apabila tidak dimulai dari hal yang mendasar yakni rasa keingintahuan,” kata Kapolda.

Untuk itu, melalui Talkshow Virtual, Jenderal yang hobby membaca ini pun mendorong masyarakat khususnya generasi muda Bangsa untuk meningkatkan minat bacanya.

Terlebih, kondisi membaca dan menulis di Indonesia berdasarkan riset Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018 berada di posisi 74 dari 78 Negara dengan nilai 371.

“Dibandingkan dengan Negara-negara Asia, Amerika maupun Inggris, kita masih di bawah sekali. Minat baca rendah, malah minat gibah (menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang) luar biasa,” ucap Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menambahkan penyebab rendahnya literasi di Indonesia, salah satunya karena peran orang tua dalam mengenalkan buku dan mendorong minat baca kepada anak-anaknya yang sangat minim.

Baca Juga:  Pangkalan LPG Nakal Digerebek Ditreskrimsus Polda Kalsel

“Padahal salah satu indikator untuk Negara semakin maju, harus memiliki masyarakat yang cerdas agar mudah berkehidupan di era global sekarang ini yang banyak Hoaxnya,” pungkas nya.

Dalam Talkshow Virtual “Promosi Minat Baca dan Kecerdasan Literasi” tersebut, turut hadir Sekretaris Dinas Perpustakaan Daerah Kalsel dan Koorspripim Polda Kalsel.

REPORTER : SASI

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “Kapolda Kalsel Dorong Minat Baca dan Kecerdasan Literasi

Komentar: