SHOPPING CART

close
Barito Kuala

Batola Siap Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

Media Kalsel, MARABAHAN – Polda Kalsel. Bertempat di Halaman Apel Polres Barito Kuala (Batola) dilaksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Batola Tahun 2021, Jumat (16/4/2021) pagi.

Apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla ini dihadiri oleh Wakil Bupati Batola H. Rahmadiannoor, S.T., Kapolres Batola AKBP Lalu Moh Syahir Arif, S.I.K., S.H., M.M., Kajari Batola Eben Neser Silalahi, S.H., M.H., Kasi Intel Kodim 1005 Marabahan Lettu Tri Hendro, Wakapolres Batola Kompol Jatmika, S.H., M.M., para Pejabat Utama Polres Batola, Kapolsek Jajaran Polres Batola, Kepala BPBD Batola, Plt Kepala Dishub Batola, Perwakilan Kepala SKPD Kabupaten Batola dan Perwakilan Pimpinan Perusahaan diwilayah Kabupaten Batola.

Baca Juga:  Akpol 2001 Ex Yon Sarja Arya Rancana Gelar Baksos Untuk Korban Banjir Batola

Kapolres Batola AKBP Lalu Moh Syahir Arif, S.I.K., S.H., M.M. mengatakan Apel Kesiapsiagaan ini merupakan bentuk kerjasama yang baik Pemerintah Daerah beserta instansi terkait sebagai wujud kesiapan Kabupaten Batola dalam menghadapi Karhutla,” terangnya.

Adapun tujuan Apel Kesiapsiagaan, tutur Kapolres yakni mengecek kesiapan anggota dan peralatan dalam penanggulangan Karhutla diwilayah Kabupaten Batola, meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar,” jelas Kapolres.

Selain itu juga dapat mengurangi dampak negatif akibat Karhutla seperti terjadinya kabut asap yang mengakibatkan munculnya penyakit ISPA ditengah masyarakat,” imbuh Kapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Batola H. Rahmadiannoor, S.T., dalam amanatnya mengapresiasi atas terlaksananya Apel Kesiapsiagaan ini yang merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten, Polres, Kodim beserta seluruh komponen masyarakat seperti unsur Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan serta barisan Pemadam kebakaran Kabupaten Batola sebagai wujud kesiapan bersama dalam rangka mengantisipasi dan menangani bencana kebakaran hutan dan lahan yang hampir setiap tahun yang melanda di wilayah setempat.

Baca Juga:  Polres Batola Pasang Stiker "Ayo Pakai Masker" di Mobil Dinas.

“Kesiapsiagaan ini penting dilakukan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana yang ada, ini merupakan tekad dan spirit kita semua untuk semakin meningkatkan kebersamaan serta kegotong-royongan serta kesiapan kita dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Lebih lanjut, H. Rahmadiannoor, S.T., juga menyampaikan bahwa sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Polri serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam lainnya.

“Dengan adanya kesiapsiagaan tersebut diharapkan hal ini dapat mencegah dan mengantisipasi terulangnya peristiwa kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Kabupaten Barito Kuala,” pungkas Wakil Bupati Batola H. Rahmadiannoor, ST.

Usai pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan sarana peralatan yang digunakan dalam penanganan Karhutla dan kesiapan anggota dilapangan.

Baca Juga:  Dukung Perbup No 54 th 2020, Polres Batola Gelar Apel Pagi.

REPORTER : SASI

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “Batola Siap Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

Komentar: