SHOPPING CART

close
Banjarmasin

Tekan Lonjakan Covid-19 Saat Malam Idul Fitri, Polda Kalsel Tiadakan Takbiran Keliling

Media Kalsel, BANJARMASIN – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum., melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K., pada hari Jumat (07/5/2021) di Mapolda Kalsel menegaskan bahwa takbir keliling saat malam lebaran Idul Fitri 1442 H / 2021 M dilarang, karena Pandemi Covid-19 belum berakhir,” tuturnya.

Takbir keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian dan memicu kerumunan, namun kegiatan takbiran dapat disiarkan secara virtual dari Masjid dan Mushola atau di rumah masing-masing agar tidak menimbulkan kerumunan di tengah Pandemi Covid-19.

“Untuk warga masih diizinkan untuk takbiran di Masjid atau Mushola dengan sejumlah ketentuan. Diantaranya membatasi jumlah Jemaah dari kapasitas Masjid dan Mushola dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, atau bahkan takbiran di rumah saja. Tidak takbir keliling di jalan,” kata Kabid Humas.

Baca Juga:  Kapolda Kalsel dan Kajati Kalsel Tingkatkan Kerjasama Ciptakan Situasi Kamtibmas Tertib Serta Aman.

Apabila ada masyarakat yang membandel dan nekat menggelar kegiatan malam takbiran ditengah larangan, akan ditindak tegas dengan dilakukan Tes Swab Antigen, dan bila terbukti positif akan langsung di karantina,” tegas Kabid Humas Polda.

Selain melakukan Tes Swab Antigen akan dilakukan tindakan lain yaitu melakukan penegakan hukum berupa Tilang dan melakukan penyitaan terhadap kendaraan yang digunakan Takbir Keliling. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Kalimantan Selatan,” jelas Kabid Humas.

Sementara itu, Polda Kalsel saat ini sedang menggelar Operasi Ketupat Intan 2021 yang diberlakukan sejak 6-17 Mei. Operasi tersebut bertujuan menjaga dan mengamankan pelaksanaan Idul Fitri 1442 H / 2021 M agar berlangsung kondusif dan tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Kapolda Kalsel Berikan Support dan Dukungan Moril Kepada Pasien OTG

Setidaknya ada 1.500 personel gabungan baik Polri, TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang dikerahkan dalam operasi tersebut di wilayah Kalimantan Selatan.

Kemudian melihat perkembangan Covid-19 seperti adanya peningkatan kasus positif hingga adanya mutasi varian baru Virus Corona di suatu daerah, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K., mengingatkan agar masyarakat mematuhi larangan Pemerintah terkait larangan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H,” pungkasnya.

REPORTER : SASI

Tags:

Media Kalsel

0 thoughts on “Tekan Lonjakan Covid-19 Saat Malam Idul Fitri, Polda Kalsel Tiadakan Takbiran Keliling

Komentar: