Jajaran Korem 101/Ant Siap Kawal Pelaksanaan PSU Gubernur Kalsel

Media Kalsel, BANJARMASIN – Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tinggal beberapa hari lagi dilaksanakan, tepatnya tanggal 9 Juni 2021 yang akan datang. Berbagai kesiapan telah dilakukan tidak terkecuali terkait dengan pengamanan dan mekanisme penerapan protokol kesehatan pada saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

Forkopimda Prov. Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi dalam rangka kesiapan PSU yang dipimpin oleh Pj. Gubernur Kalsel Dr. Drs. Safrizal ZA, M.Si bertempat di gedung Idham Chalid Jl. Dharma Praja Komplek Perkantoran Prov. Kalsel, Rabu (02/6/2021).

Turut Mendampingi Ketua DPRD Prov. Kalsel H Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, SH. M.Hum, Danrem 101/Ant Brigjen TNI Firmansyah, dan Kajati Prov Kalsel Rudi Prabowo Aji, S.H., M.H.

Selain itu tampak hadir Sekda Prov. Kalsel Ir. Roy Rizali Anwar, S.T., M.T, Danlanud Syamsuddin Noor Kol. Pnb Yulmaizir Chaniago, Ka Binda Prov. Kalsel Brigjen Pol Winarto, S.H., M.H, Danlanal Banjarmasin diwakili oleh Dansatpom Mayor Laut Catur Dono Wibowo, Ketua KPU Prov. Kalsel Sarmuji dan Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah, S.Ag., M.Si.

Pj. Gubernur Kalsel membuka rapat koordinasi menyampaikan Sistem pelaksanaan dan penyelenggaraan PSU semua ditangani oleh KPU dan juga Bawaslu, kita akan melaksanakan pemilihan pada tanggal 9 Juni 2021,” ujarnya dalam sambutan.

“Mahkamah Konstitusi telah memutuskan untuk melaksanakan PSU dibeberapa kecamatan di kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin serta di Tapin, khusus Kepolisian difokuskan untuk membantu kelancaran dan keamanan pelaksanaan PSU,” imbuh Pj Gubernur.

“Pelaksanaan PSU dilaksanakan secara jujur adil dan sehat sesuai protokol kesehatan, PSU ini merupakan PSU terbesar dari sejumlah daerah yang melaksanakan PSU. “Kita bertanggung jawab atas kelancaran, keamanan pelaksanaan PSU. Termasuk keamanan dibidang protokol kesehatan, karena kita masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Pj Gubernur.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah dalam kesempatannya memberikan paparan tentang gambaran pelaksanaan pengamanan PSU, bahwa kesiapan TNI dalam mendukung Polda Kalsel dalam pengamanan pelaksanaan PSU pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel melibatkan sejumlah personel dari masing-masing wilayah dijajaran Korem 101/Antasari,” terangnya.

Lebih lanjut Danrem menjelaskan untuk diwilayah Banjarmasin akan di backup oleh Kodim 1007/Bjm, Kabupaten Banjar akan di backup oleh Kodim 1006/Mtp dan untuk wilayah Kabupaten Tapin akan di backup oleh Kodim 1010/Rtu,” bebernya.

“Pengerahan personel berjumlah 575 personel terdiri dari Makorem 90 personel, Kodim 1006/Mtp 300 personel, Kodim 1007/Bjm 125 personel dan Kodim 1010/Rtu 60 personel dan juga dipersiapkan untuk personel cadangan dari Yonif 623/BWU apabila terjadi perkembangan situasi dilapangan dan siap untuk di gerakan,” jelas Danrem.

Ia menegaskan bahwa Netralitas TNI/Polri jangan diragukan, siapa pun yang terpilih itu merupakan pilihan rakyat dan menjadi pemimpin rakyat Kalimantan Selatan yang nantinya juga akan menjadi mitra kami di Forkopimda,” pungkas Danrem.

REPORTER : SASI / PENREM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.