Dinas Pariwisata Kalsel Dukung Meratus Orchid Show ke-9 Tahun 2021

Media Kalsel News, BANJARMASIN – Event Orchid Show ke-9 tahun 2021, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan mendukung kegiatan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DPD Kalsel untuk menggelar pameran yang dihelat pada hari Jumat tanggal 10 hingga 12 Desember 2021 di halaman eks Kantor Gubernur Lama Jl. Jenderal Sudirman, Sabtu (11/12/2021) sore.

Kali ini Meratus Orchid Show ke-9 tahun 2021mengangkat tema “Bergema” Bergerak membersamai Anggrek Banua” yang diikuti Perhimpunan Anggek Indonesia (PAI) dari Kab/Kota se-Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah serta DPC PAI asal Kota Malang Jawa Timur juga berpatisipasi memeriahkan pameran tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pariwisata Prov Kalsel Muhamad Syarifuddin, Sekjen DPP PAI Dr. Untung Santoso, Msi., pembina DPD PAI Kalsel H. Gusti Pangeran Rusdi Effendi., Ketua DPD PAI Kalsel Hj. Aida Muslimah., Kadis Lingkungan Hidup Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana., Ketua DPC PAI Kota Banjarmasin Dr. Siti Wasilah, Msi., Ketua DPC Balangan Hj. Sri Huryati Abdul Hadi.

Dalam sambutannya Gubernur Kalsel yang diwakili Kadis Pariwisata Prov Kalsel Muhamad Syarifuddin menyampaikan, event meratus orchid show merupakan event yang dibantu melalui dana hibah tahun anggaran 2021 diberikan kepada PAI Prov Kalsel, tentu event ini dapat dipromosikan sekaligus melestarikan kekayaan flora salah satunya adalah pesona anggrek di Kalsel. 

“Dengan tema bergerak membersamai anggrek Banua” diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya para pencinta anggrek di nusantara bahkan mancanegara,” tuturnya.

Syarifuddin menyambut gembira dengan adanya kegiatan Meratus Orchid Show ke-9 tahun 2021, untuk memberikan kebangkitan kepada penggemar anggrek dan berharap nanti di Kalsel ada tempat edukasi dalam melestarikan tanaman anggrek tersebut.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan PAI Kalsel ini dapat memulihkan ekonomi nasional dalam bidang pariwisata sehingga pelaku ekonomi kreatif juga mampu bersaing menghadapi revolusi industri 4.0,” katanya.

Sementara Ketua DPD PAI Kalsel Aida Muslimah menjelaskan, setelah vakum selama 2 tahun dikarenakan Covid-19, kini kembali DPD PAI Kalsel yang juga dinamakan Meratus Orchid Show ke-9 tahun 2021diadakan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kalsel.

“Kegiatan ini sama seperti tahun lalu ada pameran, lomba, juga ada beberapa komunitas yang ikut memeriahkan Meratus Orchid Show,” ucapnya.

Ketua DPD PAI Kalsel Aida Muslimah juga mempersembahkan untuk banua berupa tanaman anggrek hasil silangan yang dinamakan Putri Junjung Buih.

REPORTER : SASI